Sabtu, 25 Mei 2019

Pengantar dasar multimedia

Definisi Multimedia

Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, audio, video, dan animasi dengan menggabungkan link dan tools yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi,berekreasi serta berkomunikasi.

Dalam definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia yaitu,
  1. Harus ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang di lihat dan di dengar.
  2. Harus ada link yang menghubungkan pemakai dengan informasi.
  3. Harus ada alat navigasi yang membantu pamakai menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung.
  4. Multimedia menyediakan tempat kepada pemakai untuk mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dengan ide.

Elemen-Elemen Multimedia

Multimedia merupakan wadah penyatuan bebrapa media menjadi satu kesatuan.
Elemen-elemen dalam multimedia ialah,

1. Teks
Teks adalah jenis data yang paling dasar  serta menggunakan ruang penyimpanan paling sedikit. Media teks merupakan media yang paling mudah disimpan, diedit, dan sedikit dalam penggunaan memori dalam penyimpanannya. Adapun jenis media teks yaitu (Plain Text, Rich Format Text, Hyper Text). Untuk menarik perhatian pembaca kepada sesuatu bahan yang dilihat atau dibacanya, terdapat beberapa kesan yang boleh diberikan kepada font diantaranya (Case, Regular, Bold, Italic, Underline, Striketrough). Penggunaan teks dalam produk multimedia biasanya banyak bergantung pada common sense  dan kreativitas pengguna sendiri, mereka tidak menggunakan panduan dan kaidah-kadiah seperti yang telah di gariskan.

2. Gambar
Merupakan elemen terpenting dalam multimedia, sebab sebagian besar manusia hampir selalu berorientasi terhadap visual. Ada dua jenis media gambar, yaitu berbasis,

  • Vector                                                                                                    Gambar yang berbasis vector merupakan gambar yang menggunakan rumus-rumus matematika sebagai dasar untuk menampilkan gambar. Gambar dibentuk dari beberapa point. Dari beberapa point tersebut, diterapkan rumus-rumus matematika yang dapat diterjemahkan menjadi gambar. Karena berbasis vector, ketika di zoom gambar tidak rusak, karena gambar hanya berupa rumus-rumus matematika yang variabelnya dapat diubah-ubah.
  • Bitmap                                                                                                           Gambar bitmap adalah gambar yang didasarkan dari representasi bit-bit yang membentuk pixel dan warna. Kualitas gambar bitmap bergantung pada resolusi dan ketajaman warna. Resolusi merupakan ukuran panjang dan lebar suatu gambar, biasanya dinyatakan dalam ukuran pixel. Setiap pixel mengandung informasi warna. Informasi warna tiap pixel inilah yang biasanya menentukan kualitas suatu gambar.
File gambar dikenal dengan nama image, dan format gambar di komputer antara lain, BMP, JPG/JPEG, GIF, TIF, WMF, PCX, PDF, PNG, PIC, TGA, IFF, SCT, PXR, RAW, DCS.

3. Audio                                                                                                             Dalam multimedia, salahsatu elemen yang ada di dalamnya adalah audio. Menurut pakar multimedia yang bernama Lu,1999: Suara (audio) adalah sesuatu yang timbul disebabkan perubahan tekanan udara yang menjangkau gendang telinga manusia.
Penyajian audio merupakan cara lan untuk memperjelas pengertian suatu informasi.
Contohnya, narasi merupakan kelengkapan dari penjelasan yang dilihat melalui video. Suara dapat lebih menjelaskan karakteristik suatu gambar, misalnya musik dan suara efek, maupun suara asli.

Jenis Audio
  • Audio Analog                                                                                        Dihasilkan dengan bariasi dari tekanan suara asli. Variasi tekanan udara diubah terlebih dahulu oleh transuder (seperti microphone) ke listrik sinyal.
  • Audio Digital                                                                                         Mengubah sifat fisik dari suara asli ke dalam urutan angka, yang kemudian dapat disimpan dan dibaca kembali untuk reproduksi.
Macam-Macam Audio
Berbagai macam audio yang masing-masing memiliki kegunaan yang berbeda dapat dilihat sebagai berikut:
  • Audio Visual                                                                                          Perangkat sound sistem yang dilengkapi dengan penampilan gambar, biasanya digunakan untuk presentasi, home theater dan sebagainya.
  • Audio Streaming                                                                                   Istilah yang digunakan untuk mendengarkan siaran secara live melalui internet atau radio.
  • Audio Response                                                                                     Suara yang dihasilkan oleh komputer. Output pembicaraan yang dihasilkan komputer untuk menanggapi input jenis khusus misal, permintaan nomor telepon.
  • Audio Oscillator                                                                                    Merupakan produk dari perusahaan Hewlett Packard yang pertama. Produk ini digunakan oleh Walt Disney Studios dalam pembuatan filmnya.
  • Audio Modem Riser                                                                            Merupakan sebuah kartu plug-in untuk motherboard intel yang memuat sirkuit audio atau modem. AMR memuat dungsi-fungsi analog (kode-kode) yang diperlukan untuk operasi modem dan audio.
Format Audio
Audio memiliki beberapa format yang berbeda-beda tergantung dari penggunaan platformnya. Masing-masing format biasanya diikuti dengan perbedaan struktur berkas yang membentuk audio tersebut. Berikut beberapa format audio yaitu, (WMA, CDA, AAC, WAV, AIFF, MPEG/MP3, MIDI, OGG, RA).

4. Video 
Dalam pembuatan multimedia interaktif, penerapan video dalam multimedia sangat diperlukan sebab dalam implementasinya sangat mempengaruhi penggunaan dan penampilan dari karya multimedia interaktif itu sendiri.
Definisi dari video adalah teknologi yang digunakan untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Biasanya menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital.

Jenis Video
  • Analog Video                                                                                      Tersusun dari gelombang bersambung yang bervariasi, dengan kata lain nilai sinyal akan memiliki angka yang beragam tetapi terbatas pada batas maksimum dan minimum yang diijinkan.
  • Digital Video                                                                                            Digital video ditransmisikan hanya berupa titik presisi yang dipilih pada interval kurva. Tipe sinyal digital yang dapat dipakai oleh komputer adalah tipe binary (1 atau 0), 1 mewakili nilai maksimum dan 0 mewakili nilai niminum.
Kelebihan dari digita video yaitu,
- Ketepatan yang tinggi dalam proses transmisi (high fidelity).
- Dapat membedakan antara sinyal asli dengan nosie.
- Dapat ditransmisikan berulang-ulang tanpa mempengaruhi kualitasnya.

Istilah Dalam Video
- Jumlah gambar yang dilihat setiap detik disebut frame rate.
- Lebar dan tinggi frame video disebut dengan frame size, yang menggunakan satuan pixel.
- Bit depth menyatakan jumlah bit yang disampaikan untuk mendeskripsikan warna suatu pixel.
- Bit rate menentukan jumlah data yang ditampilkan saat video dimainkan. 

Kompresi Video
Adalah sebuah konversi data ke sebuah format yang lebih kecil, biasanya dilakukan sehingga data dapat disimpan atau disalurkan lebih efisien. Proses pengembalian data yang sudah dikecilkan disebut dekompresi. Dan bila proses dekompresi menghasilkan data yang sama dengan semula maka kompresi itu disebut lossless. Sedangkan bila data yang didekompresi menghasilkan data yang lebih kecil maka kompresi ini disebut lossy. Berikut beberapa contoh jenis kompresi video,
  • Kompresi DV25                                                                               Menggunakan rasio kompresi 5:1, dengan bit rate data video sebesar 25Mbps. Untuk durasi 1 jam video membutuhkan media penyimpanan 13 Gb.
  • Kompresi MPEG-2                                                                                MPEG merupakan singkatan dari Motion Pictures Expert Group, sebuah organisasi para professional dalam bidang film dan video yang menentukan peraturan standar industri dalam bidang ini, sendangkan angka 2 menyatakan versi dari standar ini.
  • Kompresi MPEG-1                                                                         Kompresi MPEG-1 merupakan metode kompresi yang diperuntukkan bagi distribusi video dan merupakan standar MPEG versi pertama. Kompresi ini memiliki ukuran frame size 352x240 pixel.
Jenis Format File Video
File video memiliki format yang berbeda-beda, bergantung pada aplikasi yang digunakan untuk menjalankannya (player). Beberapa contoh format file video yang dapat dijalankan melalui komputer maupun laptop yaitu, AVI, MPEG, WMV, DiVX, MP4, Quicktime, RealMedia, ASF, 3GP, Flash Video.

5. Animasi
Dalam multimedia, animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layar. Animasi dapat diartikan sebagai sebuah objek yang bergerak dinamis. Objek dapat berupa teks maupun bentuk-bentuk yang lainnya.
Animasi adalah proses penciptaan efek gerak atau perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa waktu. Animasi bisa berupa gerak sebuah objek dati tempat yang satu ke tempat yang lain, perubahan warna, atau bentuk yang dinamakan "Morphing".
Secara sederhana prinsip kerja animasi adalah dengan :
- Menumpuk beberapa gambar secara bergantian dan berurutan.
- Mengubah nilai koordinat suatu objek sehingga diperoleh sebuah efek gambar yang hidup.

Perangkat Lunak Multimedia



Perangkat lunak multimedia adalah komponen-komponen dalam data processing system, berupa program-program untuk mengontrol bekerjanya system multimedia. Perangkat lunak ini digolongkan menjadi 3 bagian yaitu,
  • Bahasa Pemrograman Multimedia                                                    Adalah bahasa komputer yang digunakan programmer untuk membuat aplikasi multimedia, contohnya : Assembly, C, C++, PowerBuilder, Delphi, SQL, Visual Basic, Flash Programmer dan Java.
  • Perangkat Lunak Sistem                                                             Perangkat ini terdiri dari system operasi misal DOS, Windows, LINUX, UNIX dan Mac OS. Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas seperti anti virus dll.
  • Perangkat Lunak Aplikasi                                                       Perangkat lunak aplikasi multimedia merupakan aplikasi-aplikasi yang dirancang oleh personal atau organisasi yang bergerak di bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D, 3D modeling, sound editing, video editing, dll.
Jenis-jenis Perangkat Lunak Multimedia

1. Audio/Video Editor
Adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk memanipulasi informasi dalam bentuk video maupun audio dengan melalui proses pemotongan, penggabungan, konversi format, dan manipulasi kualitas. Beberapa contoh jenis perangkat lunak media player yaitu, Adobe Premiere Pro, Adobe After Effect,  Windows Movie Maker, Filmora, iMovie dll.

2. Graphic Image Editor
Image editor adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menggambar, mengedit, membuat sketsa dam memanipulasi gambar secara interaktif. Terdapat dua jenis image yang dihasilkan oleh image editor yaitu, dalam bentuk bitmap dan vector. Berikut beberapa contoh image editor, Adobe Photoshop, Corel Draw, Microsoft Paint, GiMP, ACDSee, InkSpace dll.

3. 3D Graphic
Aplikasi grafis 3 dimensi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit dan memanipulasi informasi dalam bentuk gambar tiga dimensi. Berbeda dengan dua dimensi, gambar tiga dimensi merupakan representasi gambar dalam geometri tiga dimensi. Beberapa contoh perangkat lunak grafis 3D antara lain, AutoCAD, Blender, Maya, 3D Studio Max, Sketchup dll.

4. Animasi
Aplikasi animasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit dan memanipulasi informasi dalam bentuk animasi. Animasi merupakan gambar bergerak atau video dengan konten gambar fiktif, seperti kartun video game dll. Beberapa contoh perangkat lunak animasi yaitu, Macromedia Flash, Power Animation Software, Blender, Houdini Animation Software dll.

5. Image Viewer
Image viewer adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk melihat gambar secara terorganisasi pada sebuah direktori. Sudah banyak format gambar yang didukung saat ini di antaranya, jpeg/jpg, gif, png, bmp, png, dll. Beberapa perangkat lunak ini menyediakan fasilitas editing image dalam fungsi sederhana. Beberapa contoh software image viewer yaitu, ACDSee Photo Studio, Microsoft Picture and Fax Viewer, XNView, GIMP, Xlideit, dll.

6. Media Player
Media Player adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan informasi dalam bentuk audio video. Biasanya aplikasi media player saat ini sudah bisa digunakan untuk menjalankan informasi audio maupun video. Berikut beberapa contoh software media player yaitu, PowerDVD, DivX Player, Real Player, VLC, KMPlayer, GOM Player, Windows Media Player, dll.

Perangkat Keras Multimedia


Berikut contoh perangkat-perangkat multimedia yang dibutuhkan dalam menjalankan/mengedit suatu informasi :

1. CD/DVD Room
Digunakan untuk membaca dan menulis  berbagai jenis CD, VCD dan DVD.

2. Graphic Card
Graphic card atau kartu grafis merupakan perangkat yang terhubung langsung dengan motherboard komputer yang berfungsi untuk mengolah citra agar mempunyai kualitas yang baik. Saat ini kartu grafis yang sering digunakan adalah kartu grafis yang menggunakan teknologi AGP (Accelerated Graphics Port).

3. Sound Card
Adalah perangkat yang terhubung dengan motherboard yang memiliki fungsi untuk mengolah dan mengontrol suara, baik suara masuk (merekam) dan suara keluar. Hal ini dimungkinkan karena pada sound card terdapat masukan (Line in, Mic dan MIDI) serta keluaran (Line out/Speaker out).

4. Speaker/Headset
Merupakan perangkat keluaran untuk menghasilkan suara. 












Tidak ada komentar:

Posting Komentar